Skip to content

Tips Pengelolaan Usaha Nasi Kotak

Dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit merogoh dana yang lumayan banyak. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis katering nasi kotak.

Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet para konsumen. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan yang kita punya untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai.

Singkirkan hambatan psikologis rasa malu berspekulasi, takut gagal dalam berbisnis dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besaruntungnya maka resikonya pun semakin besar. Bisnis yang baik tentu saja adalah bisnis yang dikelola dengan manajemen dan penjualan yang baik. Tidak hanya mementingakn berapa omset penjualan, melainkan pelaku bisnis juga harus mempunyai strategi pengelolaan, dan begitu juga pada bisnis catering nasi kotak ini.Berikut ini adalah beberapa tips dalam mengelola usaha nasi kotak.

Mempunyai Visi


Sederhana sebenarnya. Setiap orang yang ingin menjadi pengusaha apa pun jenisnya, perlu memiliki visi. Tidak usah muluk-muluk. Tapi mutlak ada. Ingatlah, bisnis itu mirip dengan bayi. Saat dia dilahirkan maka tanggung jawab kitalah untuk mendidik dan membesarkannya hingga dewasa. Tidak bisa asal saja. Bila sudah tidak suka dan banyak problem lalu main ditinggal saja. Bayi perlu persiapan yang banyak. Harus ada cinta dan kasih perumpamaanya. Bisnis juga demikian. Cita rasa juga sangat memegang peranan penting dalam usaha ini. Faktor kebersihan peralatan dan hasil masakan juga menjadi penilaian tersendiri bagi orang yang mengkonsumsi katering kita, sehingga menjaga kebersihan harus selalu diperhatikan. Ini adalah faktor yang penting sekali.
Mempunyai Planning Matang
Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita. Kita perlu memiliki wawasan yang luas, dan tiap masalah minimal telah kita periksa. Misalnya dalam paket Nasi kotak arisan atau katering ulang tahun masalahnya apa saja. Mulai dari masalah produksi, staf, produknya (menu), pemasaran, logistik ,dan promosi, semuanya harus masuk “check-list”. Hal ini untuk menghindarkan situasi yang “chaos”(tumpang-tindih), dan manajemen tambal sulam di masa mendatang. Kita tidak perlu membuat rencana kerja setebal 100 halaman misalnya, tapi cukup 2 halaman saja. Namun segala aspek dari bisnis katering telah kita pikirkan.
Kedua point itu nampaknya harus selalu dipegang oleh para pelaku bisnis catering. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.

Berkah Catering
Nasi Kotak Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *