Skip to content

Memilih Vendor dan Menghitung Porsian Catering Pernikahan

Setiap orang pasti ingin memiliki kehidupan yang sejahtera dan bahagia. Ada berbagai fase kehidupan yang harus dilewati demi mencapai kebahagiaan tersebut. Salah satu fase kehidupan yang paling banyak ditunggu adalah fase pernikahan. Banyak orang yang mencari informasi mengenai prosesi pernikahan sejak dini mulai dari cara menghitung catering pernikahan hingga informasi prosesi lainnya.

Perubahan yang terjadi dalam kehidupan setelah pernikahan dinilai menjadi fase kedua dalam kehidupan. Karena pernikahan merupakan hal yang sangat baik dan membahagiakan, banyak orang yang ingin menggelar acara pernikahan dengan mewah dengan tujuan untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

​Seperti yang kita ketahui bahwa catering dalam hal pernikahan tentunya menjadi hal yang sangat penting sekali, hingga sekarang banyak sekali cara memilih catering pernikahan yang memang sangat cocok untuk berbagai acara meriah. Disisi lain terdapat banyak hal yang mesti kamu siapkan secara matang ketika melakukan pernikahan.

Contohnya seperti gedung, tenda pernikahan, tempat pernikahan dan juga catering. Disisi lain menyiapkan catering dengan baik pun tidak kalah penting supaya membuat acara pernikahanmu menjadi mengesankan. Akan tetapi walaupun demikian kamu pun harus tahu beberapa tips untuk memilih catering pernikahan yang cocok untuk acara pernikahanmu.

Agar bisa menyambut tamu untuk dengan baik, kamu pun bisa menyiapkan berbagai macam manakanan yang dimana bisa diterima dengan baik, akan tetapi dari segi biaya memang tidak murah. Nah dengan begit kamu pun mesti mencari catering yang memang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Hal itu juga mesti diperhatikan apabila kamu memilih vendor untuk keperluan catering.

5 Cara Memilih Catering Pernikahan

1. ​Melakukan Survei

Ketika kamu sudh menyiapkan tanggal yang tepat. Selanjutnya kamu bisa melakukan survei untuk bia memilih vendor catering yang memang cocok denganmu. Alangkah baiknya kamu bisa melakukan survei dengan media pencarian situs vendor pernikahan. Supaya bisa mendapatkan yang memang cocok. Disisi lain juga kamu dapat membandinhkan satu bendor dengan yang lainnya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Jika kamu berselancar di internet tentu saja disana kamu bisa menemukan banyak sekali vendor untuk pernikahan. Maka dari itu pilihlah catering yang memiliki review yang bagus serta memiliki jam terbang yang tinggi. Bukan hanya itu saja pastikan mereka akan melakukan berbagai macam pelayanan yang terbaik.

Selain itu disisi lain juga kamu dapat menentukan janji dengan jasa tersebut. untuk bertemu, dan melakukan secara langsung. Kamu datangi kantor mereka dan cari tahu pelayanan dari perusahaan tersebut. kamu bsia mengamatinya dari kerapihan, karyawan, kebersihan dapur, dan lain sebagainya. Hal tersebut sangat penting sebagai cara memilih catering pernikahan  yang berkualitas.

2. Kebijakan Catering

Setiap vendor tentunya memiliki kelebihan masing-masing, akan tetapi kamu pun dapat memilih pelayanan catering yang memang sesuai, baik itu langsung paketan maupun dilepas. Alasannya karena beberapa catering yang menawarkan pekat lengkap dair mulai dekorasi lengkap, dokumen, make up dan lain sebagainya.

Akan tetapi terlepas dari hal tersebut, kamu juga harus melakukan pengecekan terhadap jasa yang kamu gunakan, hal tersebut supaya bisa melayani acara pernikahanmu dengan maksimal.

3. Daftar Harga

Disisi lain, kamu juga dapat mencari list harga catering yang ditentukan langsung dengan orang yang bersangkutan. Terdapat berbagai hal yang akan mempengaruhi harga catering. Contohnya seperti tanggal yang dipakai, gedung yang digunakan, menu yang dipilih bahkan kuantitas tamu yang hadir. Kamu mesti memastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Disisi lain juga kamu dapat melakukan degoisasi dengan jasa tersebut soal harga. Ataupun kamu bisa menghilangkan bahan yang digunakan makanan – makanan ataupun juga mengurangi. Akan tetapi kamu juga harus memastukan kualitas yang mereka berikan tetap berkualitas.

4. Pemilihan Menu Makanan

Umumnya, setiap vendor catering untuk pernikahan mempunyai menu andalannya masing – masing. nah maka dari itu kamu pun dapat bertanya lebih lanjut soal spesifikasi dari menu yang ditawarkan oleh jasa tersebut. biasanya vendor catering tersebut mempyai berbagai menu contohnya yaitu khas Indonesia maupun khas Western.

5. Test Makanan

Agar bisa menentukan menu pilihan yang sesuai, kamu dapat melakukan test food terlebih dahulu. Caranya pun mudah, kamu bisa mendatangi acara pernikahan yang dimana pernikahan tersebut menggunakan vendor yang sama denganmu. Pada saat memasuki acara pameran dari vendor catering, kamu pun dapat melakukan tes food sepuasnya dengan makanan yang sudah disajikan.

Untuk melakukan hal tersebut tentunya kamu harus memiliki waktu luang yang cukup. Alangkah baiknya kamu lakukan hal ini sebelum memilih atau memesan catering. Hal ini bertujuan supaya mereka dapat memberikan hidangan terbaik untuk semua tamu undangan. Umumnya test ini dilakukan terpisah dengan resepsi pernikahan serta terdapat beberapa orang yang menjadi tamu.

Nah mungkin itulah bagaimana tips terkini di tahun 2022 tentang bangaimana cara memilih catering pernikahan di Kota Anda. Kemudian adapun selanjutnya kalian perlu mengetahui tentang bagaimana cara menghutung porsian catering pernikahan yang ideal menurut kami berkah catering selaku jasa catering Surabaya


​Cara Menghitung Catering Pernikahan Ideal

Dalam sebuah acara pesta pernikahan, catering memang menjadi salah satu hal yang cukup disorot oleh tamu undangan. Disadari atau tidak, setiap tamu undangan akan menilai kelancaran acara tersebut dari hidangan catering yang disajikan.

Mulai dari jumlah porsi hidangan, hingga varian makanan yang disediakan tidak luput dari penilaian para tamu undangan. Namun tentu kamu akan kesulitan untuk menyediakan acara pernikahan sesempurna yang diinginkan tamu undangan. Meski sulit, tapi kamu bisa berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada tamu undangan dengan berusaha menyediakan layanan catering terbaik.

Untuk menyediakan hidangan catering yang terbaik, kamu harus mengetahui terlebih dahulu cara menghitung catering pernikahan. Adapun cara yang bisa kamu lakukan saat menghitung catering diantaranya:

Menghitung Berdasarkan Tamu Undangan

Untuk mengetahui apakah jasa catering pernikahan yang sedang kamu siapkan sudah tepat atau belum, hal pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah jumlah tamu yang akan kamu undang. Saat mempersiapkan acara wedding, tentu kamu juga memiliki list tamu yang akan diundang untuk datang ke acara bahagiamu.

List tamu undangan tersebut bisa menjadi patokan untuk menentukan jumlah porsi hidangan yang harus disediakan. Cara menghitung catering pernikahan berdasarkan tamu undangan yaitu dengan menggunakan rumus jumlah tamu undangan dikalikan 2. Rumus ini dibuat dengan asumsi bahwa setiap tamu undangan akan membawa 1 pendamping ke tempat acara berlangsung. Tentu sang pendamping tamu undangan ini juga harus mendapatkan pelayanan yang sama seperti tamu yang kamu undang doong.

Menghitung Persentase Porsi Makanan

Saat menggelar acara pernikahan, hidangan catering yang disediakan selama acara biasanya dibagi menjadi dua yaitu hidangan buffet dan hidangan stall. Cara menghitung catering pernikahan selanjutnya bisa dilakukan dengan mempertimbangkan kedua hidangan tersebut. Hidangan buffet sendiri biasanya terdiri dari makanan berat seperti nasi dan lauk pauk pendamping lainnya. Sedangkan hidangan stall merupakan makanan semi berat atau mungkin snack yang bisa dikonsumsi tanpa makanan berat.

Sebenarnya saat acara pernikahan digelar, tidak seluruh tamu undangan mengonsumsi hidangan buffet dan hidangan stall dengan lengkap. Ada beberapa tamu yang saat datang ke acara hanya mengonsumsi hidangan buffet saja, ada juga yang hanya mengonsumsi hidangan stall saja. Kebiasaan tamu undangan ini bisa menjadi salah satu cara menghitung catering pernikahan yang menguntungkan saat kamu menggelar acara pernikahan.

Kamu bisa membuat persentase untuk menentukan jumlah porsi yang akan dibuat untuk hidangan buffet dan hidangan stall. Sebagai contoh, kamu bisa membuat perbandingan 60:40 untuk hidangan buffet dan stall lalu disusun menjadi porsi yang tepat sesuai perhitungan catering.

Perhitungan Berdasarkan Porsi Buffet dan Stall

Setelah mengetahui bahwa jumlah porsi hidangan catering bisa disesuaikan berdasarkan kategori buffet dan stall, kamu bisa mencoba sendiri untuk menghitung jumlah porsi yang harus disediakan beserta anggarannya.

Cara menghitung catering pernikahan Surabaya berdasarkan tamu undangan dan persentase hidangan bisa kamu lakukan seperti contoh dibawah ini :

Contoh jumlah tamu undangan adalah 1000 undangan
Contoh persentase buffet dan stall adalah 60 : 40
Maka jumlah porsi makanan yang harus kamu sediakan adalah 1.000 x 2 = 2.000 porsi makanan. Sedangkan jumlah porsi tiap hidangan yaitu :

Buffet : 60% x 2.000 porsi = 1.200 porsi
Stall : 40% x 2.000 porsi = 800 porsi
Perhitungan tersebut berlaku untuk setiap hidangan. Jika kamu memiliki 5 hidangan berbeda untuk hidangan stall, maka setiap hidangan yang ada di stall harus disediakan dengan jumlah 800 porsi. Sehingga jumlah porsi stall keseluruhan adalah 5 x 800 porsi = 4.000 porsi.

Setelah berhasil menghitung jumlah porsi, kamu bisa langsung menghitung jumlah biaya yang dibutuhkan. Cara menghitung catering pernikahan yang berkaitan dengan biaya bisa langsung kamu lakukan dengan mengalikan harga catering pernikahan per porsi hidangan dengan jumlah porsi yang disediakan seperti berikut ini :

Buffet : 1.200 porsi x Rp. 30.000 = Rp. 36.000.000
Stall : 4.000 porsi x Rp. 10.000 = Rp. 40.000.000
Dengan perhitungan diatas, maka kamu harus menyiapkan dana setidaknya Rp. 76.000.000 untuk biaya catering pernikahanmu.

Itulah beberapa informasi mengenai seluk beluk perhitungan salah satu anggaran penting dalam acara wedding yaitu catering pernikahan. Cara menghitung catering pernikahan ini sangat penting untuk kamu ketahui jika kamu sedang mempersiapkan pernikahan.

Jika hasil perhitungan tersebut ternyata mengharuskan kamu untuk mengeluarkan biaya catering pernikahan yang terlalu besar, maka kamu bisa menghemat biaya tersebut dengan mengurangi jumlah varian hidangan. Dengan mengurangi varian makanan, maka jumlah biaya yang dikeluarkan juga akan berkurang.

Jika kamu kebingungan menyesuaikan biaya harus dibayar dengan anggaran yang ada, kamu bisa meminta bantuan vendor catering yang akan kamu gunakan untuk memberikan saran terkait dengan masalah tersebut. Kamu bisa berdiskusi dengan vendor tersebut untuk mendapatkan solusi terbaik agar acaramu tetap berjalan dengan lancar tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *